Karyawan sedang membuat bibit jamur tiram di tempat usaha milik Abdul Rosyad di Desa/Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023).

Pertama, jika adonan sudah diaduk hingga merata maka langkah selanjutnya adalah mendiamkan adonan tersebut sekitar 1 hingga 2 hari. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan itu ke dalam plastik baglog hingga padat.

Selanjutnya yakni proses fermentasi. Proses ini memakan waktu 6 hingga 7 hari. Dalam tahap ini biasanya baglog tersebut akan naik suhunya hingga 60 sampai 70 derajat Celcius.

ads

Kemudian masuk pada tahap proses sterilisasi, proses ini dilakukan agar tidak ada organisme lain yang bisa hidup di baglog. Proses dilakukan dengan mengukus baglog dengan suhu sekitar 90 derajat Celcius yang biasanya berjalan selama 7 hingga 8 jam.

Kemudian inokulasi, yaitu proses penanaman bibit jamur tiram pada media baglog tersebut. Proses ini cukup sulit karena harus mensterilkan ruangan dan alat-alat yang digunakan. Pengisian bibit biasanya 10 gram per baglog.

Langkah terakhir, Inkubasi. Baglog yang sudah berisi bibit jamur diletakkan di ruangan yang bersuhu 23 hingga 28 derajat Celcius. Kelembapan sekitar 90 hingga 100 persen. Intensitas cahaya sekitar 500 hingga 1000 lux. Sementara waktu proses inkubasi sekitar 15 sampai 30 hari. (ima)

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini