Proses pembuatan batik icon Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jatim, Kamis (8/6/2023).

Bongkah.id – Kreatifitas para pengrajin batik di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, semakin menambah khazanah batik di Indonesia. Mereka memadukan beragam motif batik di tanah air dengan ikon masing-masing kecamatan di daerah tersebut.

Saat ini, setidaknya terdapat 5.000 lebih motif batik yang tersebar di seluruh Indonesia. Perpaduan motif dan ikon daerah dapat menguatkan simbol beserta filosofi yang menjadi karakter setiap kecamatan.

ads

“Tujuannya masyarakat yang ada di Kabupaten Jombang dapat mengenal serta bisa mempelajari proses membatik,” ujar Instruktur Batik BLK Jombang, Sumarlik, Kamis (8/6/2023).

Tetapi bukan berarti ikon batik di setiap Kecamatan di Kabupaten Jombang itu tidak bisa dikreasikan dan dipadukan dengan motif lainnya.

“Simbol Arimbi misalnya, melalui program membatik yang dilakukan oleh BLK Jombang, simbol Arimbi dapat dipadukan dengan motif batik buah mojo yakni salah satu ikon di Kecamatan Mojowarno,” jelasnya.

Hasil kreasi tersebut nantinya akan dipasarkan dengan tujuan mengenalkan masing-masing batik khas bermotif ikon tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang.

“Selain itu untuk meningkatkan dan mengembangkan kewirausahaan warga Jombang berbasis klaster pelatihan dibidang batik,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini